6 Cara Ganti Oli Gardan pada Motor Vario 125 FI Paling Efektif Mudah!

Mengganti oli gardan pada motor merupakan salah satu aspek penting dalam pemeliharaan kendaraan yang seringkali terabaikan. Khusus bagi pemilik motor Honda Vario 125 FI, cara ganti oli gardan pada motor Vario 125 FI ini terbilang mudah. 

Artikel ini akan membahas secara rinci langkah-langkah cara ganti oli gardan pada motor Vario 125 FI, termasuk tips dan peringatan yang harus diperhatikan untuk menjaga agar proses ini berjalan lancar dan efektif.

Pentingnya Mengganti Oli Gardan pada Vario 125 FI

Cara ganti oli gardan motor Vario 125 FI

Oli gardan memiliki peran penting dalam menjaga komponen transmisi motor Anda bekerja dengan lancar. Fungsi utamanya adalah untuk melumasi gigi-gigi di dalam gardan, mencegah gesekan yang berlebihan yang bisa menyebabkan keausan dan kerusakan. 

Pada motor Vario 125 FI, oli gardan yang sudah kotor atau berkurang jumlahnya dapat menyebabkan penurunan performa, suara berisik pada saat berkendara, dan bahkan kerusakan permanen pada sistem transmisi. Oleh karena itu, mengganti oli gardan secara berkala adalah langkah penting yang tidak boleh diabaikan.

Kapan Sebaiknya Mengganti Oli Gardan Motor?

Cara ganti oli gardan motor Vario 125 FI

Sebagai pemilik motor Vario 125 FI, Anda harus rutin memeriksa dan mengganti oli gardan sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan. Biasanya, penggantian oli gardan disarankan setiap 8.000 hingga 10.000 kilometer penggunaan. 

Namun, jika motor sering digunakan dalam kondisi yang berat, seperti berkendara di jalan yang bergelombang atau berdebu, mungkin perlu mengganti oli gardan lebih sering.

Langkah-langkah Mengganti Oli Gardan Motor Vario 125 FI

Pentingnya Mengganti Oli Gardan Pada Motor Matic - Otoinfo.id

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan kunci pas atau socket set, wadah untuk menampung oli lama, dan oli gardan baru yang sesuai dengan spesifikasi motor Vario 125 FI. Pilihlah oli gardan berkualitas yang direkomendasikan oleh Honda untuk memastikan kinerja dan keawetan gardan.

Proses Cara Ganti Oli Gardan pada Motor Vario 125 FI:

Ini 2 Tanda Oli Gardan Harus Segera Diganti

1. Posisikan Motor dengan Tepat 

Pastikan motor dalam keadaan mati dan diletakkan pada permukaan yang datar dan stabil. Gunakan standar tengah untuk memastikan motor tidak bergeser selama proses penggantian oli.

2. Buka Tutup Pengisian Oli Gardan 

Carilah tutup pengisian oli gardan yang biasanya terletak di sisi belakang motor, dekat dengan roda. Gunakan kunci pas untuk membuka tutupnya. Membuka tutup pengisian terlebih dahulu akan memudahkan ventilasi dan memastikan oli lama mengalir keluar dengan lancar.

3. Buang Oli Lama

Setelah itu, buka baut pembuangan yang terletak di bagian bawah gardan. Biarkan oli lama mengalir keluar sepenuhnya ke dalam wadah yang telah disiapkan. Pastikan oli lama dibuang dengan cara yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan.

4. Bersihkan dan Pasang Kembali Baut Pembuangan

Setelah oli lama terbuang, bersihkan baut pembuangan dari kotoran atau residu dan pasang kembali ke posisinya. Pastikan baut dipasang dengan kencang agar tidak terjadi kebocoran oli.

5. Isi dengan Oli Gardan Baru

Gunakan corong atau alat bantu lainnya untuk memasukkan oli gardan baru ke dalam lubang pengisian. Pastikan untuk mengisi sesuai dengan kapasitas yang direkomendasikan. Jangan berlebihan mengisi oli karena dapat menyebabkan kebocoran atau masalah lainnya.

6. Pasang Kembali Tutup Pengisian Oli

Setelah oli baru terisi, pasang kembali tutup pengisian oli dan kencangkan dengan benar agar tidak terjadi kebocoran atau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Setelah proses penggantian selesai, nyalakan motor dan biarkan berjalan beberapa saat. Periksa area di sekitar gardan untuk memastikan tidak ada kebocoran oli. Jika ditemukan kebocoran, periksa kembali baut pembuangan dan tutup pengisian oli, pastikan keduanya terpasang dengan baik dan kencang.

Tips dan peringatan yang perlu diperhatikan:

Ganti oli gardan

1. Gunakan Oli Gardan yang Sesuai: 

Selalu gunakan oli gardan yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Menggunakan oli dengan spesifikasi yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada gardan.

2. Keselamatan:

Lakukan proses penggantian oli gardan di area yang aman dan jauh dari sumber api, karena oli adalah bahan yang mudah terbakar.

3. Pengelolaan Limbah Oli: 

Pastikan untuk membuang oli lama dengan cara yang bertanggung jawab. Jangan membuangnya sembarangan karena dapat merusak lingkungan.

Mengganti oli gardan pada motor Vario 125 FI adalah proses yang relatif sederhana namun sangat penting untuk pemeliharaan kendaraan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah diuraikan di atas dan memperhatikan tips dan peringatan yang diberikan, Anda dapat memastikan bahwa sistem transmisi motor Anda bekerja dengan optimal dan berumur panjang. 

Ingatlah untuk selalu mengganti oli gardan sesuai dengan jadwal yang disarankan dan menggunakan produk yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda untuk menjaga performa dan kesehatan motor Vario 125 FI Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *